Soal dan Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Kelas 5 PPKn
1.Apa manfaat yang didapat jika seluruh warga a melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat?
2.Apa hak yang akan kamu peroleh jika kamu giat belajar?
3.Tuliskan tiga contoh tugas yang pernah diberikan kepadamu di sekolah!
4.Tuliskan tiga contoh kegiatan yang memerlukan pengambilan keputusan bersama di lingkungan masyarakat!
5.Sebutkan perilaku yang mencerminkan sikap menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat!.
Jawaban:
1. Jika seluruh warga melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat maka akan tercipta kehidupan bermasyarakat Yang aman dan teratur.
2, Hak yang akan diperoleh adalah kita akan mendapatkan nilai yang baik, selain itu cita-cita Akan terwujud
3. Kegiatan yang memerlukan pengambilan keputusan.
4. a. Pemilihan ketua RT
b. Menentukan jadwal siskamling.
c. Menentukan susunan acara peringatan HUT RI.
5. Perilaku yang mencerminkan sikap menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat, antara lain:
a. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat.
b. Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama.
c. Bergaul dengan sesama warga masyarakat dengan tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran.
d. Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa.
e. Mengadakan bakti sosial di lingkungan Masyarakat.
Soal dan Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Kelas 5 Bahasa Indonesia
1.Tuliskan ciri-ciri pantun!
2.Perhatikan pantun berikut ini
Belajar hitung satu dan dua
Bersama kakak menanam bunga
Sedari dini hingga tua
Ajaran baik jangan ditunda
Jelaskan isi atau makna pantun di atas!
3.Tuliskan perbedaan pantun dan syair!
4.Sebutkan jenis pantun berdasarkan usia!
5.Sebutkan jenis-jenis pantun berdasarkan isi!
Jawaban
1. Adapun ciri-ciri pantun selengkapnya sebagai berikut.
a. Terdiri atas empat baris.
b. Terdiri atas sampiran dan isi.
c. Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata. d. Menggunakan bunyi akhir dengan pola a-b-a-b.
2. Isi atau makna pantun yang dimaksud adalah jangan menunda ajaran baik.
3. Perbedaan pantun dan syair dapat di lihat pada tabel berikut ini. :
4, Berdasarkan usia, terdapat pantun kanak-kanak,
pantun orang muda, dan pantun orang tua. 5. Jenis-jenis pantun berdasarkan isi i pantun, antara lain:
a. Pantun nasihat
b. Pantun jenaka
c. Pantun teka-teki
d. Pantun kiasan
Soal dan Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Kelas 5 IPA
1.Sebutkan tiga fungsi darah!
2.Mengapa sistem peredaran darah ikan disebut peredaran darah tunggal?
3.Sebutkan empat faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat menurut Hendrick umm
4.Tuliskan tiga contoh gangguan pada organ peredaran darah manusia nonketurunan beserta penyebabnya!
5.Sebutkan salah satu gangguan peredaran darah pada manusia beserta cara mencegahnya!
Jawaban:
1.Fungsi utama darah adalah sebagai alat pengangkut, yaitu mengangkut sari-sari makanan, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan mengangkut zat sisa metabolise. Selain sebagai alat pengangkut, darah juga memiliki fungsi sebagai berikut.
a. Mengatur suhu tubuh.
b. Membantu dalam proses penutupan luka (Keping darah).
c. Membunuh bibit-bibit penyakit (Sel darah putih).
2. Sistem peredaran darah ikan disebut peredaran darah tunggal, karena darah hanya satu kali melewati jantung.
3.Menurut Hendrick L. Blumm, terdapat empat Faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yaitu faktor perilaku, faktor lingkungan, faktor keturunan, dan faktor pelayanan kesehatan.
4. Contoh gangguan pada organ peredaran darah manusia nonketurunan beserta penyebabnya antara lain:
a. Anemia disebabkan rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah.
b. Leukemia disebabkan sel-sel darah putih yang memperbanyak. diri tanpa terkendali yang mengakibatkan sel darah putih ini memakan sel darah merah.
c. Demam berdarah merupakan infeksi virus dengue yang menyerang komponen darah,
yaitu trombosit atau keping darah.
Soal dan Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Kelas 5 IPS
1. Sebutkan masing-masing contoh bentuk interaksi antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok!
2. Apa nama interaksi yang mengarah kepada persatuan? Berikan contohnya!
3. Tuliskan dua contoh pembangunan sosial budaya dalam aspek adat istiadat dan tradisi!
4. Apa syarat terjadinya interaksi sosial?
5. Sebutkan faktor yang memengaruhi interaksi manusia di segala bidang!
Jawaban:
1.a. Contoh interaksi antarindividu: 1) Ibu mengajari anaknya belajar 2) Ibu mengajari anaknya memasak i 3) Menanyakan alamat kepada seseorang
b. Contoh interaksi individu dengan kelompok:
1) Guru mengajar.
2) Bapak. RT memberikan penyuluhan kebersihan.
3) Siswa berpidato di depan kelas.
c. Contoh interaksi kelompok dengan kelompok
1) Lomba lempar bola antarkelompok.
2) Bermain sepak bola.
2.Interaksi yang mengarah kepada persatuandinamakan asosiatif. Interaksi ini memiliki sifat positif, artinya mendukung seseorang atau Kelompok dalam mencapai tujuan tertentu. Misalnya, belajar kelompok atau gotong royong.
3.Pembangunan dalam aspek adat istiadat dan tradisi, antara lain:
a. Melaksanakan norma-norma yang terdapat dalam suatu adat istiadat, misalnya warga masyarakat yang lebih muda menghormati orang yang lebih tua.
b.Melestarikan adat istiadat di suatu daerah, misalnya melakukan upacara adat sesuai dengan tata cara adat tersebut.
4. Proses interaksi sosial dapat terjadi apabila . ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaksi terjadi karena adanya kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat. :
5.Faktor yang memengaruhi interaksi manusia di segala bidang, antara lain:
a. Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa
b.Perbedaan kandungan sumber daya alam
pada setiap-daerah
c.Perbedaan kondisi demografis:
d.Konsentrasi kegiatan ekonomi : daerah/wilayah.
e.Alokasi dana pembangunan antardaerah/wilayah.
Soal dan Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Kelas 5 SBdP
1.Sebutkan masing-masing contoh lagu yang memiliki tangga nada mayor dan minor!
2. Apa tujuan pembuatan pola lantai dalam tari?
3.Jelaskan makna garis mendatar, garis lurus dan garis melingkar pada pola lantai dalam tari kreasi daerah!
4.AApayang perlu dipersiapkan dalam membuat cerita gambar?
5. Tuliskan langkah-langkah menggambar cerita gambar!
Jawaban:
1. Contoh lagu nasional yang memiliki tangga nada minor: Syukur, Indonesia Pusaka, Mengheningkan Cipta, Bagimu Negeri, dan Gugur Bunga. Contoh lagu daerah yang memiliki tangga nada mayor. Garuda Pancasila, Hari Merdeka, Berkibarlah Benderaku.
2. Polalantai dibuatuntuk memperindah pertunjukan : karya tari. Oleh karena itu dalam pembuatan pola lantai harus memperhatikan beberapa hal, antara lain bentuk pola lantai, maksud atau makna pola lantai, jumlah penari, ruangan atau tempat pertunjukan, dan gerak tari.
3. Garis mendatar memberikan kesan istirahat. Garis lurus memberikan kesan lembut. Garis melingkar atau melengkung memberi kesan manis, sedangkan diagonal memberikan kesan kuat.
4, Hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat cerita gambar: a. Menentukan cerita yang akan di gambar. b. Mempelajari cerita yang akan di gambar. c.mempelajari alur cerita. d. Menggambar cerita sesuai alur yang dibuat.
5. Langkah-langkah menggambar cerita gambar: a. Menentukan cerita yang akan digambar. b. Mempelajari cerita yang akan digambar. c. Mempelajari alur cerita. d. Menggambar cerita sesuai alur yang dibuat
soal evaluasi kelas 4 tema 5 subtema 3 pembelajaran 1
soal evaluasi kelas 4 tema 5 subtema 1
soal evaluasi kelas 4 tema 5 subtema 2
soal evaluasi kelas 4 tema 5 subtema 2 pembelajaran 1
soal evaluasi kelas 5 tema 4 subtema 1 pembelajaran 1
soal evaluasi kelas 5 tema 4 subtema 3
soal evaluasi kelas 4 tema 2 subtema 2 pembelajaran 5
evaluasi tema 4 kelas 5
soal evaluasi kelas 5 tema 4
soal evaluasi kelas 5 tema 4 subtema 1
soal evaluasi kelas 5 tema 4 subtema 1 pembelajaran 2
soal evaluasi kelas 5 tema 2 subtema 2 pembelajaran 4
soal evaluasi kelas 5 tema 4 subtema 2
soal evaluasi kelas 5 tema 4 subtema 1 pembelajaran 4
Demikianlah Artikel: Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Kelas 5 - pendidikan
Anda sekarang membaca artikel Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Kelas 5 - pendidikan dengan alamat link https://animenewonline.blogspot.com/2020/11/kunci-jawaban-evaluasi-tema-4-kelas-5.html
Posting Komentar