Soal PAT Kelas 3 Tema 8 - pendidikan

Hallo sahabat KUNCI JAWABAN, di kesempatan kali ini admin mau berbagi artikel berjudul Soal PAT Kelas 3 Tema 8 - pendidikan, kami sudah membuat artikel dengan baik, yang berkualitas dan bermanfaat untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan tentang soal kelas 3, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Soal Penilaian Akhir Tahun Semester 2 Kelas 3 Tema 8 

  1. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

PPKN 

  1. Lambang burung garuda pada Lambang negara Indonesia menggambarkan ….

  1. Kebesaran dan kesucian 

  2. Kebesaran dan kekuatan 

  3. Keberanian dan kesucian 

  4. Keberanian dan kekuatan 


  1. Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila. Salah satu warnanya adalah warna  kuning  yang berarti ….

  1. Kemurnian 

  2. Keberanian 

  3. Keabadian 

  4. Kemegahan 


Pada sila ke 4 terdapat lambang ….



Gambar diatas merupakan contoh sikap pengamalan sila …

  1. Sila pertama 

  2. Sila kedua 

  3. Sila ketiga 

  4. Sila keempat 


BAHASA INDONESIA 

Tanda gambar diatas berarti ….

  1. Dilarang parkir 

  2. Kendaraan dilarang berhenti 

  3. Kendaraan jalan terus 

  4. Tidak boleh dilewati sepeda 


  1. arti simbol lalu lintas disamping yang benar adalah ….

  1. Awas Jalan berkelok-kelok! 

  2. Dilarang melewati jalan ini! 

  3. Awas Jalan licin! 

  4. Awas daerah longsor!


  1. Rani ingin menjenguk Susi yang sedang sakit dirumah sakit. Untuk menuju rumah sakit arah yang harus dilalui Rani adalah ….

  1. Belok kiri 

  2. Belok kanan 

  3. Lurus mengikuti arah jalan 

  4. Belok kiri lalu lurus mengikuti arah jalan


  1.   Rani beragama Hindu, arah yang harus dilalui Rani untuk menuju tempat ibadah adalah ….

  1. Ke kiri 

  2. Lurus mengikuti arah jalan 

  3. Ke kanan 

  4. Ke kiri lalu belok kanan  


MATEMATIKA 

Nama yang sesuai dengan sudut diatas adalah ….

  1. Sudut siku-siku 

  2. Sudut lurus 

  3. Sudut tumpul 

  4. Sudut lancip 

  1. Bangun datar memiliki 4 sisi. Kedua sisi yang berhadapan sama panjang. Memiliki 4 titik sudut. Semua sudut yang dimiliki merupakan sudut siku-siku. Gambar seperti petunjuk berikut yang benar adalah ….



Pernyataan yang sesuai dengan tabel diatas adalah, kecuali ….

  1. Ada 8 anak di kelas 4 yang menyukai mangga 

  2. Ada 9 anak di kelas 2 yang menyukai apel 

  3. Ada 3 anak di kelas 3 yang menyukai apel 

  4.  Ada 6 anak di kelas 1 yang menyukai anggur 


  1. Pernyataan yang sesuai dengan tabel diatas adalah ….

  1. Banyak rumah yang ada di jalan lili 60 rumah 

  2. Banyak rumah yang ada di jalan kamboja 50 rumah 

  3. Banyak rumah yang ada di jalan melati 15 rumah 

  4. Banyak rumah yang ada di jalan anggrek 30 rumah  


SBDP 

Alat yang dibawa untuk memeragakan gerakan diatas adalah ….

  1. 2 tempurung kelapa 

  2. 2 piring plastik 

  3. 2 kayu 

  4. 2 baskom plastik  


  1. gambar disamping merupakan contoh benda seni dengan hiasan ….

  1. Garis 

  2. Titik 

  3. Warna 

  4. Bulat- bulat 

Gambar diatas merupakan manfaat dari …

  1. Pohon mangga 

  2. Pohon pohon randu 

  3. Pohon kelapa 

  4. Pohon beringin


  1.  Lambang gerakan pramuka adalah ….

  1. Burung garuda 

  2. Padi dan kapas 

  3. Pohon beringin 

  4. Tunas kelapa 

PJOK 

Gerakan membungkukkan badan di atas bertujuan untuk ….

  1. Melemaskan otot paha 

  2. Melemaskan otot tangan 

  3. Melemaskan otot kaki 

  4. Melemaskan otot pinggang 


  1. nama permainan tradisional disamping yang tepat adalah ….

  1. Ular tangga 

  2. Galasin atau gobak sodor  

  3.  Jungkat- jungkit 

  4.  Lompat tali 


  1. Salah satu permainan pramuka yang membutuhkan kerja sama adalah, kecuali ….

  1. Arung jeram 

  2. lompat tongkat 

  3. lompat tali  

  4. galasin 

Nama permainan diatas adalah ….

  1. Galasin 

  2. Gobak sodor

  3. Ular tangga 

  4. Jala ikan  


  1. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

PPKN 

  1. Sebutkan 5 sila yang ada dipancasila beserta lambangnya! 

  2. Perhatikan gambar dibawah ini!

   

Sebutkan agama dan tempat ibadah berdasarkan gambar diatas!


BAHASA INDONESIA 

  1. Sebutkan dan jelaskan warna beserta arti dalam lampu lalu lintas disamping! 

  2. Sebutkan 5 bidang dan warna tanda kecakapan khusus dalam pramuka! 


MATEMATIKA 

  1. Perhatikan tabel dibawah!


Jumlah siswa dalam satu sekolah___ siswa 

Jumlah anak yang suka onde-onde___ siswa 

Jumlah anak yang suka kelepon___siswa 

Jumlah siswa yang suka dodol___siswa 

Jumlah siswa yang suka serabi___siswa 

Jumlah siswa yang suka kue lapis___siswa 

Makanan yang paling banyak diminati ______ =___anak


  1. Buatlah diagram berdasarkan tabel di bawah ini! 

Hari 

Banyak cabe

Senin 

6

Selasa 

12

Rabu 

15

Kamis 

9

Jumat 

21

Sabtu 

18


Pembuatan diagram akan menggunakan tanda 

Setiap         mewakili 3 cabe 

Tanda         berarti 6 cabe

 

SBDP 

Apa nama tarian gambar diatas dan jelaskan cara permainannya!

  1. Teknik apa saja yang digunakan dalam pembuatan rumah-rumahan?



PJOK 

Jelaskan cara melakukan latihan keseimbangan seperti gambar diatas!

  1.  

Jelaskan cara bermain permainan diatas!


KUNCI JAWABAN 

  1. Pilihan Ganda

  1. B 11. B

  2. D 12. A

  3. C 13. A

  4. A 14. A

  5. B 15. C

  6. C 16. D

  7. C 17. D

  8. C 18. B

  9. D 19. C

  10. C 20. D


  1. Uraian

  1. - Ketuhanan Yang Maha Esa = bintang 

- Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap = kepala banteng  

- Persatuan Indonesia = pohon beringin 

- Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawarat Perwakilan  rantai 

- Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia  = padi dan kapas 


  1. - Agama islam di masjid 

-Agama hindu di pura 

- Agama kristen di gereja 

- Agama khonghucu di klenteng 


  1. -Lampu merah menyala berarti kendaraan harus berhenti 

-Lampu kuning menyala berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti 

-Lampu hijau menyala berarti kendaraan boleh melaju 


  1. -Kuning = bidang agama 

-Merah = bidang patriotisme dan seni budaya 

-Putih = bidang ketangkasan dan kesehatan 

-Hijau = bidang keterampilan dan teknik pembangunan 

-Biru = bidang sosial  


  1. -Jumlah siswa dalam satu sekolah 150 siswa 

-Jumlah anak yang suka onde-onde 40 siswa 

-Jumlah anak yang suka kelepon 20  siswa 

-Jumlah siswa yang suka dodol 10 siswa 

-Jumlah siswa yang suka serabi 30 siswa 

-Jumlah siswa yang suka kue lapis 50 siswa 

-Makanan yang paling banyak diminati kue lapis = 50 anak




  1. Tari Tempurung 

  1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.

  2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepukkan tangan secara bergantian sebanyak empat kali.

  3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkan tangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat.

  4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkan tangan di sebelah kanan bawah. Tepukkan tangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.

  5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.

  6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.


  1. -Memotong

-Menggunting 

-Menempel 

-Menyambung  


  1. 1.  Berdiri tegak.

2.  Angkat kaki kirimu.

3.  Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.

4.  Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.

5.  Angkat kaki kanan.

6.  Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.

7.  Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.


  1. 1. Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Posisi kaki menjulur ke dalam lingkaran. 

2.  Setiap peserta berpegangan kuat. Dapat juga menggunakan tali untuk berpegangan. Lakukan  sesuai gambar. Semakin rapat jarak antar pemain akan semakin baik.

3.  Semua peserta berusaha untuk berdiri secara bersamaan. Usahakan kedua kaki tegak,  tidak menekuk lutut. 

4.  Lakukan berulang-ulang untuk melatih kekuatan kaki.




Demikianlah Artikel: Soal PAT Kelas 3 Tema 8 - pendidikan
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tahu info menariknya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Soal PAT Kelas 3 Tema 8 - pendidikan dengan alamat link https://animenewonline.blogspot.com/2021/03/soal-pat-kelas-3-tema-8-pendidikan.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama